Tuesday, June 13, 2017

Arti Nasi Tumpeng dan Makna Simbolisnya

Kalian yang hobby kuliner lokal / doyan makan, pasti tiba tiba perutnya keroncongan mendengar kata Nasi Tumpeng, karena sudah terbayang dengan Nasi yang komplit dengan lauk pauk khas lokal.

Awalnya saya mengira bahwa tradisi tumpengan itu hanya ada di jawa (jawa tengah dan jawa timur), karena kebeneran saya lahir dan menghabiskan masa kecil di jawa tengah, jadi tidak heran kalau saya sendiri seringkali melihat acara tumpengan dan makan nasi tumpeng.

Tetapi ternyata setelah saya bekerja dan tinggal di Jakarta, saya seringkali menjumpai berbagai acara, terkadang acara ulang tahun, peresmian gedung dll. Dengan menggelar acara tumpengan, yang saya heran padahal mereka kan bukan orang Jawa .. hehe.. (secara pribadi saya senang, tradisi masyarakat jawa banyak dijalankan oleh yang lain).

Tumpengan atau Nasi Tumpeng adalah cara penyajian makanan (Nasi kuning / putih yang dibentuk kerucut / lancip keatas, dengan ditaburi berbagai lauk pauk yang lengkap) dan terkadang nasinya juga nasi gurih seperti nasi uduk begitu, yang secara simbolis syarat dengan makna dan arti, biasanya digunakan untuk keperluan yang cukup sakral (dalam artian yang positif, seperti ulang tahun, peresmian toko, perusahaan dan lainnya),

Image Source : nasiketjana.com


Saya tidak akan membahas detail setiap bagian dari nasi tumpeng yang memiliki arti dan makna, karena semakin banyak penjelasan saya kuatir semakin banyak juga kesalahannya, namun kali ini saya akan coba mengulas arti dan makna nasi tumpeng secara garis besarnya saja, minimal teman teman tau bahwa nasi tumpeng itu bukan sekedar nasi yang dibuat kerucut dan dari dulu dibuat emang bgtu tanpa memiliki arti dan makna.

Nasi Tumpeng dibuat berbentuk kerucut / lancip keatas dan kokoh berdiri ditengah, lauk pauk yang komplit, lauk pauk yang berasal dari dalam air/laut, berasal dari dalam tanah, berasal dari tanaman tumpangsari ini memiliki makna,

Secara bahasa TUMPENG berasal dari bahasa Jawa (Tumuju ing Pengeran atau Menuju ke Tuhan, sebuah permohonan doa dan rasa syukur terhadap Tuhan, karena Tuhanlah sumber dari segala sumber), Terus lauk pauk yang komplit aneka ragamnya melambangkan berkah rahmat rejeki yang melimpah.

Secara positif tumpeng atau nasi tumpeng adalah bentuk sedekah dari yang punya niat kepada orang orang yang di undang untuk rasa terima kasih atas kesaksian niat dan rasa terima kasih karena sudah di doa kan.

Sudah tau arti dan makna nya guys ... jadi apakah ulang tahun nanti berniat untuk merubah kue ultahnya dengan nasi tumpeng ?? Sebenarnya saya lebih merekomendasikan Nasi Tumpeng dari pada kue Ultah karena, Tumpeng itu tradisi dan budaya kita, kalau bukan kita yang melestarikan siapa lagi ?

akhirnya sampai sudah di akhir artikel, Terima Kasih sudah mampir dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon