Saturday, May 27, 2017

Ternyata Menyeramkan Asal Usul Nama Kota Pontianak

Saya pertama kali mendengar nama kota Pontianak saat masih duduk dibangku sekolah dasar, melalui mata pelajaran (Ilmu Pengetahuan Sosial) Pontianak adalah sebuah Ibu kota provinsi kalimantan barat yang sangat terkenal dengan istilah kota khatulistiwa.

berbeda lagi pada masa sekarang ini, perkembangan tekhnologi sudah sangat canggih jadi banyak informasi yang diterima mengenai masyrakat umum mengenai kota Pontianak, bukan melulu mendengar nama kota Pontianak dari mata pelajaran sekolah namun sudah melalui pemberitaan media massa dan internet.

Suku yang terkenal dari Pontianak adalah suku Dayak, makanya Pontianak juga disebut sebagai Bumi Dayak, selain itu banyak artis indonesia yang terkenal berasal dari kota ini, Morgan (Smash), Pongky Barata (Jikustik), Lucky Wijaya (Element), aktor senior WD Mochtar, Piet Pagau dan masih banyak lagi guys.

Image Source : evando.ga (illustrasi: kuntilanak)
Nama Pontianak terdengar sudah biasa di kuping kita, namun ada sejarah seram dibalik nama kota ini, Nama PONTIANAK sendiri berasal dari bahasa melayu yang artinya KUNTILANAK (Kuntilanak adalah hantu yang dipercaya masyarakat sebagai arwah penasaran wanita yang meninggal dalam kondisi hamil besar) .... ihhhhh ... seremmm guys .. dah ah .. next,

Pada jaman dahulu ada Seorang Tokoh yang bernama Syarif Abdurrahman yang sering diganggu hantu KUNTILANAK saat melewati sungai kapuas.

Bahkan untuk mengusir KUNTILANAK rombongan Syarif Abdurrahman sampai harus melepaskan tembakan meriam, Syarif Abdurrahman dikenal sebagai tokoh yang sudah membuka hutan di wilayah sungai kapuas kecil dan kapuas besar dan dinobatkan sebagai Sultan Pontianak.

Ini adalah cerita sejarah dari masyarakat setempat yang sampai sekarang masih diwariskan turun temurun, dan pastinya ada beberapa versi cerita tentang berdirinya kota pontianak, namun itu semua bukanlah hal yang penting untuk diperdebatkan biarlah sejarah dan legenda yang berbeda menjadi warna tersendiri untuk menambah kekayaan khasah indonesia.

itulah tadi asal usul kota pontianak, terima kasih sudah berkunjung ke blog kami semoga bermanfaat, silahkan submit blog kami untuk mendapatkan refferensi berita yang berbeda setiah hari.



EmoticonEmoticon