Friday, June 2, 2017

Sejarah Ayam Bakar Kalasan yang Terkenal itu

Ngomongin soal makanan, hampir sebagian besar masyarakat kita hobby dengan makanan yang enak enak, dan soal citarasa indonesia adalah gudangnya kuliner dengan citarasa tinggi, namun sayangnya soal makanan generasi kita masih lebih memilih kiblat kepada yang ke barat baratan, seperti fast food dan junk food.

Ini bisa dibuktikan dengan ramainya restauran cepat saji milik perusahaan barat yang berada disini, selain banyak outletnya dimana mana, dan bisa dibilang restaurant fast food, junk food itu selalu menjadi favorite dan hampir tidak pernah sepi.

Padahal Kuliner lokal kita tidak kalah soal citarasa, harganya juga tidak semahal restauran restauran cepat saji yang tadi disebut, namun ketertarikan masyarakat terhadap produk makanan luar masih sangat tinggi.

Cuma beberapa saja kuliner produk lokal yang mampu bersaing dengan gempuran produk asing di dalam negeri, salah satunya adalah AYAM BAKAR KALASAN, iya benar ayam bakar kalasan.

Image Source : Istimewa
Ayam Bakar Kalasan, banyak dijumpai di pinggir pinggir jalan maupun rumah makan bahkan restauran di tiap tiap kota, dan mungkin sebagian besar dari kita sudah pernah mencicipi kuliner asli Indonesia ini, bahkan mungkin sudah menjadi menu favorite bagi beberapa orang.

Yang pasti rasanya ... Pokok e Mak Nyusss (kalo kata om Bondan) hehe ... 

Ayam Bakar Kalasan begitu enak dan lezat karena menggunakan bahan dari Ayam Kampung, kenapa ayam kampung lebih enak dan lezat?? ... karena biasanya pembudidayaan Ayam kampung itu masih secara tradisional. jadi pertumbuhan masih normal bukan karena tambahan bahan kimia.

Nah taukah teman teman asal usul ayam kalasan yang sangat terkenal itu ?? atau mungkin sudah menjadi menu favorite kalian namun tidak tau asal usul ayam kalasan ?? :) .. hehe

Mari saya akan coba bantu menerangkan, Ayam Bakar Kalasan tidak akan pernah lepas kaitannya dengan nama besar MBOK BEREK karena awal mulanya adalah beliau yang merintis dengan membuka warung makan kecil pinggir jalan desa Martani kecamatan Kalasan, Sleman - Yogyakarta.

Bahkan informasi yang beredar, pada tahun 1950 an, Presiden Pertama RI Insinyur Soekarno pernah mampir ke warung makan Mbok Berek ini, dan akhirnya warung makan beliau menjadi ramain dan besar sehingga bisa mempekerjakan warga sekitar, namun pada tahun 1960 an Warung Mbok Berek sempat mengalami kebangkrutan dengan begitu banyak para pekerjanya yang akhirnya membuka warung makan yang serupa.

Dari situlah akhirnya Ayam Bakar Kalasan di kenal masyarakat luas, dan akhirnya sampai sekarang Ayam Bakar Kalasan terus bertahan dan berkembang menghadapi persaingan menu produk luar.

Kesimpulannya, Ayam Bakar Kalasan adalah Menu kuliner yang berasal dari daerah KALASAN, Sleman Yogyakarta, jadi buat teman teman yang sudah berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa mencoba mencicipi Ayam Bakar Kalasan yang orisinil produk kalasan.

Saya ucapakan Terima Kasih sudah mampir ke Blog kami, untuk kritik dan saran silahkan isi kolom komentar.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon