Monday, May 29, 2017

Arti Kata Minal Aidin Wal Faizin Bukan Mohon Maaf Lahir Bathin

Selamat Hari Raya Idul Fitri MINAL AIDIN WAL FAIZIN, Mohon Maaf Lahir Bathin, ucapan seperti ini sudah sangat melekat di masyarakat kita, menjelang hari raya lebaran kita bisa menjumpai ucapan seperti ini dimana saja.

Image Source : pixabay.com


Semenjak kita kecil di masyarakat kita sudah terbiasa menyandingkan kalimat Mohon Maaf Lahir dan Bathin setelah kalimat Minal Aidin Wal Faizin sebagai ucapan hari raya idul fitri, karena ini adalah kebiasaan turun temurun sebagai generasi penerus kita hanya meneruskan kebiasaan yang sudah ada di masyarakat, tanpa melihat lagi dasar alasannya.

Karena penyandingan kedua kalimat berbahasa Arab dan bahasa Indonesia ini, kebanyakan orang kita baik yang di dalam lingkup Muslim ataupun Non Muslim beranggapan bahwa arti kata Minal Aidin Wal Faidin adalah Mohon Maaf Lahir dan Bathin, karena sudah saking familiar nya kedua kalimat ini jadi kita tidak mencoba mencari cari asal muasalnya.

Terus apa arti kalimat Minal Aidin Wal Faizin ?? bagaimana kaitannya kalimat tersebut dengan Mohon Maaf Lahir dan Bathin ??

Dari beberapa artikel yang pernah penulis baca, penulis coba menyimpulkan,

Minal Aidhin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin itu adalah penggalan dari ucapan para Ulama Indonesia pendahulu kita, kalimat lengkapnya kurang lebih seperti ini,

Taqobballahu Minna Wa Minkum, Wa Ja`alnallahu Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin
yang Artinya : Semoga Alloh Menerima (amalan amalan) yang telah aku dan kalian lakukan dan Semoga Alloh menjadikan kita termasuk (orang orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) Kemenangan, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Jadi jelas sudah bahwa Kedua kalimat berbahasa Arab dan Indonesia tersebut adalah berbeda makna dan arti namun kalimat Mohon Maaf Lahir dan Bathin digunakan untuk melengkapi doa pada kalimat sebelumnya biar lebih komplit.

Terima Kasih sudah berkunjung di blog kami, untuk kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar.


EmoticonEmoticon